Kontak Kami

Email :

wayanariawan9@gmail.com

Alamat :

Dusun Dajan pura, desa sidatapa, kec banjar,kab buelelng, bali. phone/ wa 087762361709

Donate

BCA 8270440593

Thursday, August 9, 2018

Kerajianan Bambu Desa Sidetapa di gemari Wisatawan Eropa

Desa Sidatapa merupakan salah satu desa tua di kecamatan Banjar ,kabupaten Buleleng,desa ini terletak di ketinggian 650meter permukaan air laut,bersuhu sedang dan masyarakatnya kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani perkebunan,selain usaha pertanian perkebunan yang di kembangkan di desa Sidetapa,masyarakat di desa Sidetapa hampir 99,9%berprofesi sebagai penganyam bambu.yang di wariskan dari sejak turun menurun,menganyam bambu di desa Sidetapa dulunya hanya menjadi pekerjaan sampingan dan pekerjaan masyarakat yang utama adalah pertanian perkebunan cengkeh.
   Kerajinan Bambu yang dulunya mereka buat hanya untuk kepentingan rumah tangga dan pasar pasar lokal yang ada di Bali,dengan berkembangnya jaman dan seiring dengan kemajuan desa maka pola anyaman bambu bergeser ke pola desain modern yang sangat di gemari oleh para wisatawan manca negara.
   Desa Sidatapa sekarang sudah menjadi daerah tujuan wisata di kabupaten Buleleng .dan akan di kembangkan terus potensi desa sidatapa untuk di jadikan obyek pariwisata .
Kebiasaan masyarakat menganyam akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke desa ini hasil anyaman bambu desa sidatapa sekarang sudah mulai di perhitungkan di pasar global karena sering nya salah satu masyarakat Sidetapa yang membawa ke berbagai festival pameran baik di lokal maupun di luar kota .
   Kerajinan bambu desa sidatapa sangat di minati oleh wisatawan Eropa seperti inggris.france Belanda maupun german.tidak jarang tamu tamu yang datang ke desa sidatapa membeli langsung kerajinan masyarakat desa sidatapa sebagai souvernir yang di bawa ke negaranya.tutur pengerajin asal desa sidatapa bpk sinar.
Semoga apa yang menjadi harapan kita bersama akan terwujud menciptakan pariwisata kerakyatan yang berbasis kan alam dan budaya untuk kesejahteraan masyarakat lokal

No comments:

Post a Comment